Cara Menjumlahkan, Mengurangkan, Mengkalikan, dan Membagikan pada Ms. Excel

Rumus Menjumlahkan, Mengurangkan, Mengkalikan, dan Membagikan pada Ms. Excel
Halo sobat kumpulan's... mungkin sudah tidak asing lagi bagi sobat dengan software yang satu ini. Software ini sangat praktis loh sob, apalagi buat sobat yang pekerja dan pelajar dalam menghitung-hitung sesuatu. Dalam mengoperasikan suatu angka atau bilangan pasti kita menggunakan istilah yang namanya Menjumlahkan, Mengurangkan, Mengkalikan, dan Membagikan, benar bukan.

Inilah langkah-langkahnya :
1. Rumus Penjumlahan. 
Dalam penggunaan rumus penjumlahan dengan Excel terdapat dua pilihan, pertama menggunakan operator plus (+) dan yang kedua menggunakan Fungsi SUM. Contoh: pada cell A2 masukkan angka 3.3 dan pada cell B2 masukkan angka 82.5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2+B2  atau =SUM(A1:B2) kemudian tekan ENTER. maka hasilnya adalah 85.8. 


Untuk mempermudah mencari hasi cell C3,C4,C5 sobat cukup tahan cell C2 lalu arahkahn pointer ke pojok bawah kotak cell C2 sampai muncul tanda "plus" atau "tanda tambah" kemudian drag kebawah sampai muncul seperti gambar dibawah ini. Maka akan ketemu hasilnya secara otomatis, 
Semua rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bisa digunakan dengan cara ini.


2. Rumus Pengurangan. 
Dalam penggunaan rumus pengurangan di Microsoft Excel, tidak ada fungsi atau formula khusus yang bisa digunakan untuk melakukan operasi pengurangan, mungkin karena dalam pengurangan biasanya tidak melibatkan banyak data. Untuk melakukan operasi pengurangan di Microsoft Excel cukup menggunakan operator minus (-). contohnya pada cell A2 masukkan angka 3.3 dan pada cell B2 masukkan angka 82.5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus =A2-B2 kemudian tekan ENTER hasilnya adalah -79.2.

3. Rumus Perkalian. 
Untuk menggunakan rumus Perkalian di program Microsoft Excel ada 2 cara, pertama menggunakan operator asterisk (*) dan yang kedua menggunakan formula PRODUCT. Contoh: pada cell A2 masukkan angka 3.3 dan pada cell B2 masukkan angka 82.5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2*B2 kemudian tekan ENTER hasilnya 272.5. Sekarang coba rubah rumus pada C2 menjadi =PRODUCT(A2:B2) maka hasilnya akan sama 272.5.


4. Rumus Pembagian. 
Untuk melakukan operasi pembagian data dalam microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan operator slash (/). Contohnya: pada cell A2 masukkan angka 3.3 dan pada cell B2 masukkan angka 82.5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2/B2 kemudian ENTER hasilnya 0.04.

Semoga bermanfaat ya sob :)

0 Response to "Cara Menjumlahkan, Mengurangkan, Mengkalikan, dan Membagikan pada Ms. Excel"

Post a Comment